Pengantar Teknolog Komunikasi , Informasi , siklus Informasi dan Sistem informasi

  Pengatar Teknologi Komunikasi dan Informasi, Pengatar Informasi, dan Sistem Komputer.

   Definisi Dan Manfaat TIK

A.  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan data teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua yang teknologi berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi). Tercakup dalam definisi tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun (tele)komunikasi. Istilah TIK atau ICT (Information and Communication Technology), atau yang di kalangan negara Asia berbahasa Inggris disebut sebagai Infocom. Teknologi informasi pula mempunyai manfaat yang sangat penting. Manfaat teknologi informasi ini secara umumnya yaitu :
·         Terbukanya peluang bisnis baru secara alami.
·         Terciptanya suatu lapangan pekerjaan baru.
·       Terciptanya peningkatan suatu layanan informasi dari jarak jauh dalam hal bidang kesehatan(telemedicine).
·         Adanya peningkatan kuantitas maupun kualitas suatu pelayanan publik.
·   Memudahkan kita untuk mendapatkan informasi dalam melakukan komunikasi.
·       Mudahnya pembentukan e-Learning yang bisa di manfaatkan sebagai sarana dalam memperbaiki system dalam pendidikan.
·         Bisa memperkaya pengetahuan serta ilmu dalam berbagai bidang boleh jadi termasuk dalam aspek kebudayaan.
·         Dan proses demokrasi akan terdorong dalam berbagai hal.

Untuk berbicara tentang manfaat teknologi informasi yang begitu luasnya, Dunia IT sangat kesulitan untuk menjelaskannya secara satu persatu dengan detail. Namun dibalik manfaat teknologi informasi ini secara umum, juga ada beberapa yang sudah kita rasakan dalam berbagai bidang, baik itu dalam bidang pemerintahan, bidang pendidikan , bisa saja untuk yang mendidik maupun untuk peserta didik, dan lain sebagainya.

Definisi, siklus , mutu dan ciri informasi :
 
B.  Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda. Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, Persepsi, Stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental. Berikut adalah siklus informasinya :

                                
Sebuah iformasi harus mempuyai mutu yang baik dalam segi kualitas dan nilai-nilai yag terdapat dalam informasi tersebut. Berikut adalah kualitas dan nilai yang harus terkandung dalam informasi :
1.   Kualitas Informasi

·         Akurasi (accuracy)
·         Tepat Waktu (timeliness)
·         Relevansi (relevancy)

2.   Nilai Informasi

Menurut Sutarman (2012:14), Nilai dari informasi ditentukan oleh lima hal yaitu :

·         Untuk memperoleh pemahaman dan manfaat.
·          Untuk mendapatkan pengalaman.
·  Pembelajaran yang terakumulasi sehingga dapat diaplikasikan dalam pemecahan masalah atau proses bisnis tertentu.
·         Untuk mengekstrak inplikasi kritis dan merfleksikan pengalaman masa lampau yang menyedikan pengetahuan yang terorganisasi dengan nilai yang tinggi. Nilai ini bisa menghindari seorang menajer darimembuat kesalahan yang sama yang dilakukan oleh manajer lain sebelumnya.
·        Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Sebagian besar informasi tidak dapat ditaksir keuntungannya dengan suatu nilai uang, tetapi dapat ditaksir nilai efektivitasnya.

dan berikut adalah ciri ciri infirmasi yang baik :

·           Faktual , yaitu informasi terkini yang sedang hangat dibicarakan.
·    Faktual , yaitu informasi yang didukung dengan fakta sehingga terjamin kebenarannya.
·           Bahasa yang di pakai / digunakan singkat,padat dan jelas.
·           Menarik , yaitu informasi yang memiliki daya tarik atau daya pikat

Definisi dan element sistem komputer:
  C. Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer. Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.
1              .    Elemen Sistem Komputer

Dalam TIK tentunya tidak pernah terlepas dari beberapa fungsi elemen sistem. Agar komputer berfungsi sebagai pengolah data yang dapat menghasilkan informasi, diperlukan sistem komputer (computer system). Ada tiga elemen dalam sistem komputer yang saling berkaitan dan menjadi satu kesatuan. Berikut ini uraian elemen sistem komputer.
  1. Hardware atau perangkat keras: peralatan komputer yang terlihat secara fisik dan dapat dipegang. Hardware merupakan peralatan penting yang membuat komputer dapat berfungsi. Secara umum, fungsi hardware dibagi menjadi tiga kategori komponen, yaitu input, output, dan storage. Ketiga komponen tersebut selalu berhubungan dengan microprocessor.
  2. Software atau perangkat lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data. Software merupakan satu set instruksi komponen yang digunakan untuk memanipulasi data, contohnya program aplikasi pengolah kata (word processing) atau permainan (video game). Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu sistem operasi, bahasa pemograman, dan alat bantu.
  3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Bagaimanapun juga canggihnya komputer, tanpa brainware komputer tersebut tak berarti apa-apa. Berdasarkan fungsinya, brainware dibagi menjadi empat tingkatan pengguna.
    • Entri Data adalah pengguna komputer yang bertugas memasukkan data yang pekerjaannya berulang-ulang, contohnya kasir pada pasar swalayan.
    • Operator adalah pengguna komputer yang bertugas memasukkan data dan mengolahnya hingga menjadi informasi, contohnya operator bagian akuntansi.
    • Programmer adalah pengguna komputer yang bertugas membuat program atau perangkat lunak aplikasi dengan bahasa pemograman tertentu, contohnya programmer perangkat lunak sistem akuntansi, sistem administrasi sekolah, dan paket aplikasi sekolah.
    • System Analyst adalah pengguna komputer yang bertugas merancang suatu program dan dapat bertindak sebagai konsultan pada rekayasa perangkat lunak, contohnya konsultan web.

Komentar

Posting Komentar